Pakan Kroto



Pakan Kroto terdiri dari dua jenis yaitu minuman dan makanan, tidak semua minuman dan makanan baik untuk pakan kroto semut rangrang, minuman yang baik adalah minuman yang mengandung glukosa dan makanan yang baik untuk semut rangrang adalah yang mengandung protein. Pakan semut rangrang sebaiknya berbentuk cairan supaya mudah diserap. Karena tubuh dan pencernaan semut berbeda dengan hewan lainnya tidak memiliki organ yang kompleks untuk mencerna makanan, Tubuh semut terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut).

Minuman Semut Rangrang

Minuman untuk semut kroto yang terbaik adalah gula, karena gula mengandung glukosa yang tinggi, glukosa mengandung rasa manis, dan semut secara alamiah menyukai yang manis.  Gula beragam jenisnya, yang terbaik untuk minuman kroto adalah gula pasir yang dicairkan (dicampur dengan air) dan berwarna dasar agak kecoklatan, karena gula tersebut masih murni dibandingkan dengan gula pasir yang berwarna putih jernih yang kecenderungannya berbahan pengawet dan kimia, sehingga kurang baik bagi semut rangrang. Selain gula pasir yang dicairkan, madu juga sangat baik sebagai tambahan vitamin dan nutrisi untuk semut rangrang, madu sudah mengandung glukosa alami dan protein yang tinggi, Cuma madu bagi sebagian peternak menjadi pertimbangan dari sisi harga, madu harganya lebih mahal dibandingkan dengan gula.

Pakan Kroto
Minuman Semut Kroto Gula yang dicairkan
 Pemberian minuman dalam ternak kroto ini hukumnya wajib, karena semut jika telat dikasih minum akan mengalami stress dan banyak yang menjatuhkan diri dari rak ternak bahkan paling buruknya adalah kematian, semut dapat bertahan tidak makan berhari-hari, tetapi jika mereka tidak minum hanya akan bertahan / betah dirak maksimal 1 hari. Jadi untuk masalah minuman ini harus sangat diperhatikan, karena yang namanya karantina didalam rak terbatas oleh tempat dan ukuran rak, berbeda ketika semut rangrang hidup di alam bebas.

Makanan Kroto

Pakan kroto atau makanan semut rangrang banyak ragam jenisnya, tentunya yang paling baik adalah yang mengandung protein lebih tinggi, dan yang bagus lagi makanannya yang tidak meninggalkan residu/sisa makanan di dalam sarang semut rangrang peternakan kita, karena sisa makanan tersebut ada yang bisa dibuang oleh semut dan ada juga yang susah dibuang oleh semut, yang biasanya jika tidak dibuang dapat menimbulkan bau busuk dan membuat sarang menjadi kotor dan berjamur.

Berikut beberapa pakan kroto semut rangrang :

Serangga

Hampir semua jenis serangga baik untuk pakan kroto karena serangga tinggi akan protein, umumnya adalah ulat hongkong dan jangkrik yang sering dipergunakan sebagai pakan kroto oleh sebagian besar peternak, karena ulat hongkong dan jangkrik sangat mudah didapatkan dan dapat dibeli ditempat pakan. Selain pakan tadi, belalang, capung, kumbang, lalat, dan serangga-serangga lainnya juga bagus untuk pakan kroto semut rangrang, faktanya kita perhatikan saja pakan alami kroto semut ketika mereka hidup di alam bebas, pasti beragam serangga dimakan oleh mereka.

Pakan Kroto
Ulat Hongkong

Semut rangrang akan menyuntikan cairan kedalam tubuh serangga, kemudaian setelah mati serangga tersebut akan dibawa bersama-sama ke dalam sarang dan kemudaian serangga tersebut akan dihisap secara bersama-sama oleh koloni semut lainnya, kemudaian setelah habis cairannya semut rangrang akan membuang selongsong serangga tersebut.

Serangga


Daging

Daging atau sisa tulang makanan manusia juga dapat dipergunakan sebagai pakan kroto karena daging dan tulang sisa mengandung protein juga, Cuma yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak dan terlalu sering memberi pakan kroto dengan daging dikarenakan jika sisa danging dan tulang tersebut tidak dibuang oleh semut di dalam sarangnya, resikonya adalah semut akan berpindah tempat dikarenakan sarang akan kotor dari sisa daging dan tulang tersebut, jika memberi makan dengan daging atau tulang sisa sebaiknya dipotong kecil-kecil saja.

Pakan Kroto
Tulang Sisa

Larva

Larva serangga, larva tawon sangat disukai oleh semut rangrang, selain mengandung protein yang tinggi larva juga tidak meninggalkan sisa selongsong, langsung habis dimakan oleh semut rangrang, kalaupun ada paling hanya sedikit saja sisa. Cuma kendalanya larva susah didapatkan dan jarang saja.

Pakan Kroto
Larva


 Silahkan Baca Artikel Populer :





Loading....

Related Posts:

0 Response to "Pakan Kroto"

Posting Komentar