Fakta Tangan Kidal Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Fakta Tangan Kidal Yang Belum Diketahui Banyak Orang - Beberapa orang mungkin saja bertanya-tanya serta heran atau bahkan juga takjub saat lihat orang lain memakai tangan kiri saat melakukan aktivitas, atau lakukan aktivitas tangan yang berat. Rutinitas ini dimaksud dengan juga arti kidal.
Kenyataan Perihal Tangan Kidal

Fakta Tangan Kidal Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Kidal yaitu satu rutinitas lebih menguasai memakai tangan kiri untuk lakukan pekerjaan, seperti menulis, makan, atau lakukan pekerjaan yang berat memakai tangan. Menurut The Left Handers Club, suatu organisasi beberapa orang kidal tidak pernah berasumsi bahwa kidal itu yaitu suatu kelainan, namun demikian sebaliknya, mereka jadi berasumsi kidal yaitu suatu kekhasan.
Tersebut banyak hal perihal kidal :

Ada yang menyampaikan bahwa pemicu rutinitas kidal yaitu lantaran di USG
Hingga sekarang ini, belum ada dokter atau ilmuwan yang tahu pasti apa pemicu kidal. Terdapat banyak teori yang mencetuskan argumen mengapa seorang dapat kidal, namun kebenarannya belum teruji dengan cara pasti.
Menurut Fabiola Priscilla Setiawan, M. Psi., psikolog anak serta remaja, kidal berlangsung apabila otak kanan seorang lebih menguasai di banding otak kirinya.
“Otak kanan itu mengatur sisi badan samping kiri, sedang otak kiri mengatur badan samping kanan. Orang yang tambah nyaman memakai badan samping kiri, termasuk juga tangan kiri, bermakna otak kanannya yang lebih menguasai, ” Mbak Febi (ini panggilan akrabnya) menuturkan.
Apa pemicunya? Mungkin saja lantaran aspek lingkungan, bila seseorang anak memanglah dibiasakan gunakan tangan kiri dari kecil, atau dapat pula lantaran aspek genetis. “Kalau di satu keluarga ada yang kidal, kemungkinan ada anggota keluarga lain yang bakal kidal juga. Umpamanya anaknya, atau keponakannya, ” tutur psikolog yang juga kidal ini.
Ibu yang melalui sistem melahirkan yang susah, serta yang terus-terusan lakukan USG waktu tengah hamil, juga disebut-sebut juga sebagai hal yang mengakibatkan kidal. Persalinan yang susah mengakibatkan bayi kekurangan oksigen di otak. “Terlalu kerap USG juga dicurigai dapat menyebabkan pergantian di otak janin. Mengakibatkan, bayi yang dilahirkan jadi kidal, ”. Sekian menurut
Febiola.

Orang dengan tangan kidal umumnya mahir menggambar.
Dikarenakan didominasi otak kanan, orang kidal jadi tambah lebih kreatif di banding beberapa orang yang umum memakai tangan kanan. Otak kiri fungsinya mengatur beberapa hal yang terkait dengan logika, sedang otak kanan mengatur beberapa hal yang abstrak seperti seni, bhs, musik, serta emosi.

“Itulah penyebab, beberapa orang yang kidal umumnya mahir menggambar. Jadi, tak heran bila banyak musisi, pelukis, aktor, serta seniman yang bertangan kidal, ” kata psikolog yang berpraktek di Instansi Psikologi Terapan UI ini.

Disebabkan otak kanan lebih menguasai, anak-anak yang kidal juga umumnya mempunyai daya khayal serta imajinasi yang tinggi, yang buat mereka jadi lebih kreatif di banding anak-anak bertangan kanan.

Bagaimanakah dengan kekurangannya?

“Anak yang kidal umumnya lebih peka. Mereka juga condong kurang yakin diri, terlebih bila lingkungannya tak terima dia juga sebagai orang kidal. Riset tunjukkan bila kompetensi orang yang kidal serta orang yang “normal” itu sesungguhnya sama kok, ” Mbak Febi menyatakan.

Terus Kidal
Bila Anda kidal, janganlah sekali-kali berupaya untuk beralih jadi right-hander dengan kata lain pemakai tangan kanan. Termasuk juga bila diminta oleh orangtua atau guru. Apabila dipaksakan, dampaknya malah akan tak bagus buat Anda, baik dengan cara psikologis ataupun dengan cara prestasi. Mbak Febi berikanlah misal melalui pengalaman pribadinya, “Waktu SD prestasi saya bagus, senantiasa masuk rangking. Namun demikian duduk di kelas empat, saya tak diperbolehkan masuk kelas bila saya tak belajar pakai tangan kanan, termasuk juga menulis pakai tangan kanan. Itu susah sekali buat saya. Menulis jadi lambat, mikir juga jadi tak konsen. Terlebih bila guru mendikte catatan atau berikanlah masalah.
Loading....

Related Posts:

0 Response to "Fakta Tangan Kidal Yang Belum Diketahui Banyak Orang"

Posting Komentar