Trik Jitu Budi Daya Belut Agar Cepat Panen

Trik Jitu Budi Daya Belut Agar Cepat Panen | belut, binatang yang mirip ular ini, kini banyak diburu oleh para pecinta kuliner, dan ini keuntungan besar bagi orang-orang yang sejak lama menekuni budi daya belut. Sayangnya tingginya permintaan belut di pasaran belum bisa diimbangi dengan pasokan belut dari pelaku budi daya belut. Hal ini karena, masih minimnya orang yang menggeletu budi daya belut ini. 
Sampai saat ini, Jepang merupakan negara penghasil belut terbesar di dunia yaitu sekitar 70%. Di Indonesia sendiri harga belut tergolong mahal. Meskipun pada kenyataanya belum menyerupai ular, tapi belut belut tergolong dalam keluarga ikan. Belut dapat hidup di 2 tempat di air dan dilumpur. kali ini yang akan saya bahas ialah budidaya belut di air jernih. Walaupun pada umumnya belut hidup di dalam lumpur, tetapi bukan tidak mungkin untuk di budi dayakan di air jernih.

budi daya belum kolam terpal, budi daya belut di air jernih, budi daya belut di lumpur


Adapun keuntungan budidaya atau ternak belut di air jernih antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Tidak membutuhkan tempat yang luas, Anda memiliki lahan 1m persegi saja sudah bisa menebar benih belut hingga 30 kg 30x lipat dari budidaya dilumpur yakni pada 1 m persegi hanya dapat ditebar benih plg banyak 1,5 kg benih. 
  2. Di dalam air jernih resiko kanibalisme lebih rendah daripada di lumpur. Di air belut saling melindungi satu sama lain, gesekan pada kulit kulit belut menjadi tempat perlindungan beda dengan dilumpur. Di lumpur belut mempunyai daerah kekuasaan dan jika daerah kekuasaanya di tempati belut lain maka akan terjadi kanibalisme. 
  3. Memudahkan dalam pemberian makan. Budidaya belut pada air jernih akan sangat memudahkan dalam  pemberian pakan dan lebih efektif.
Beberapa Hal yang perlu diperhatikan dalam beternak belut antara lain :

  1. Kolam yang digunakan haruslah bebas dari bahan bahan kimia sebab dapat mempengarui perkembangbiakan belut.
  2. Suhu air dalam kolam haruslah stabil berkisar antara 25-28 derajat.
  3. Perlu adanya sirkulasi air.nSebaiknya kolam diberi sirkulasi air guna pergantian air agar kualitas belut yang dihasilkan berkualitas.
  4. Pemilihan bibit. Anda harus cerdas dalam memilih bibit belut. Pilihlah belut yang mempunyai fisik lincah tidak cacat dan tentunya harus sehat. 

Pakan yang dapat digunakan misalnya cacing tanah, bekicot, larva lalat atau belatung, ikan kecil, kecebong, keong mas, eceng gondok, cacing lor ,pelet dsb. Untuk pemberian pakan perlu diperhatikan karena belut merupakan hewan kanibal. Apalagi kalau belut memasuki pergantian kelamin sifat kanibalnya bisa tumbuh maka dari itu pemberian pakan haruslah cukup.  pemberian pakan satu banding satu misalnya satu kg pelet dicampur dengan 1 kg ikan kecil. Sebaiknya waktu pemberian pakan pada sore hari karena belut adalah hewan yang banyak beraktifitas dimalam hari. Untuk mencapai besar yang maksimal berikan suplemen. Belut yang sudah siap panen pada usia sekitar 6 bulan.


Artikel Pilihan : 
  1. Cara Budidaya Semut Rangrang Dalam Toples
  2. Cara Menyatukan Semut Rangrang Beda Koloni
  3. Teknik Budidaya Semut Rangang Modern
  4. Semut Rangrang
  5. Pakan Terbaik Semut Rangrang
  6. Proses Perkembangbiakan Semut Rangrang
  7. Jenis-Jenis Kroto Untuk Pakan Burung
  8. Cara Terbaik Memanen Kroto
  9. Agar Semut Rangrang Cepat Bertelur
  10. Bibit Kroto Murah
  11. Bibit Kroto Murah
  12. Cara Budidaya Kroto Media Paralon
  13. Cara Mengatasi Musim Semut Pejantan
  14. Cara Mengatasi Musim Semut Pejantan
  15. Faktor Penyebab Kegagalan Beternak Kroto
  16. Media dan Cara Memanen Kroto Terbaik
  17. Trik Jitu Melipatgandakan Koloni Semut Rangrang
  18. Lokasi dan Rak yang Baik untuk Ternak Kroto
Loading....

Related Posts:

0 Response to "Trik Jitu Budi Daya Belut Agar Cepat Panen"

Posting Komentar